PULAU SIRANDAH SUMATERA BARAT

FAMILY TRIP KE PULAU SIRANDAH SUMATERA BARAT

Air hujan sebagai sebuah nikmat dari Allah sang pencipta kita manusia turun membahasi langit di gedung tempatku bekerja hari ini. Ku lirik waktu di PC ku menunjukkan bahwa saat ini sudah menunjukkan pukul 17.08. Hari ini aku disibukkan dengan mimpi untuk berangkat ke Turkey. (update insya allah jadi ke Turkey) Hanya berani bilang bahwa itu adalah mimpi dan hanya Allah lah yang akan mengizinkan ku untuk menyaksikan kebesaran Islam di Eropa untuk kali pertama. Dalam doa ku panjatkan doa untuk mendapatkan yang terbaik di dunia dan di akhirat. Siapa tau perjalanan ke Turkey memberikan dunia yang bisa membawa ku menuju akhirat dengan mudah tanpa bala.

Skip bangun dari mimpi dan doa itu, sebagai seorang kali ini ku gerakkan hatiku untuk menulis sedikit  tentang keindahan pulau Sirandah yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Long weekend di bulan februari 2018, saya putuskan untuk menikmati keindahan Sirandah. Keindahan pulau dan pantainya yang sangat indah membuat kita ingin berulang-ulang untuk mengunjungi pantai yang satu ini. cek disini:
Dari namanya “Sirandah” dalam bahasa Indonesia dia disebut Si Rendah menunjukkan bahwa sirandah adalah pulau yang paling rendah dibandingkan dengan pulau-pulau yang lain di Sumatera Barat. Di bandingkan dengan pulau-pulau disekelilingnya, pulau ini merupakan pulau yang datarannya paling rendah. Di sekeliling pulau ini ada pulau pasumpahan, pulau Sikuai, pulau pagang, pulau swarnadwipa. Kali ini kami berdua keluarga memutuskan untuk berlibur di Pulau Sirandah. Untuk lebih jelas lagi silahkan searching di blog lain hehe.

Menuju Padang
Hal pertama yang kita lakukan adalah menuju kota Padang. Padang adalah ibukota provinsi Sumatera Barat. Jadi kalau kita dari mana saja kalian bisa naik transportasi apa saja menuju padang. Perjalanan dari pekanbaru menuju padang saya lakukan dengan mobil kesayangan yang aku beli (nyicil) dengan setengah harga dari orang tuaku. Kami start dari pekanbaru sekitar pukul 18.20 WIB. Karna aku pergi dengan seluruh anggota keluarga (child on car) so jalannya pelan2 saja agar bisa sampai dengan selamat (ga muntah2 di jalan).
(Ini dia kakak adek yang bersiap mau ke Sirandah. Si abang yang ambil gambar)

Perjalanan ke Padang mungkin bisa menghabiskan waktu 7-9 jam perjalanan di malam hari, jangan coba2 jalan di siang hari karena pasti akan macet di beberapa kabupaten di Riau maupun di Sumbar (apa lagi kalau pergi pada saat musim libur). Jadi not recommended jika anda berjalan di siang hari. Ada dua opsi, mau langsung atau nginap dulu semalam di Bukit Tinggu untuk menghirup udara segar dataran tinggi di Bukit Tinggi. Temen2 yang dari Riau ke Sumatera Barat (Padang) biasanya berangkat jam 10 malam dan diprediksi shubuh hari sampai di Padang.

Untuk perjalan anda tidak usah khawatir. Jaman sudah jadi jaman now, jadi kita cukup menggunakan aplikasi google map atau waze saja dengan jaringan yang baik pasti nyampai (saya udah nyobain 2x dan ga nyasar). Cukup search Pekanbaru to Padang.

Saya milih opsi menginap dulu di bukit tinggi, biar anak2 bisa istirahat sejenak dan paginya biar Fresh. Sampai di Bukit Tinggi sekitar pukul 12.30 jadi, kami langsung menginap saja di rumah keluarga, kebetulan di Bukit Tinggi ada Mamak/om nya isteri saya. Buat kalian ya… mendingan langsung aja deh ke padang. Karena jarak antara bukit tinggi ke padang itu Cuma butuh waktu 2 jam saja (dari Pekanbaru bergerak mulai jam 8 malam aja.

Menuju Pulau Sirandah Via Pelabuhan Bungus atau Sungai Pisang?
Sampai di padang, perjalanan dilanjutkan ke arah painan (lagi-lagi cek aja google map ketik Sungai Pisang atau Bungsu Padang, Sumatera Barat). Singkatnya,  ketika masuk padang kita belok kiri dan melewati Bay pass. Ikuti saja sampai ujung by pas, nanti liat petunjuk arah menuju painan dengan tujuan kita adalah Bungus atau Sungai Pisang.

Untuk menuju pulau-pulau eksotis di sumbar ini, kita harus menyeberang dengan menggunakan kapal-kapal kecil yang bisa kita naiki di Bungus atau Sei Pisang. Jangan khawatir tentang cara ke bungus, anda tinggal searching saja di google map ke arah Bungus, Padang, Sumatera Barat begitu juga dengan sei pisang. Khusus untuk sei pisang mungkin anda harus sedikit rajin bertanya, karena signal disana agak susah.

Sei pisang masih satu arah dengan arah bungus, Cuma sedikit agak jauh, (Perjalanan Padang Sei Pisang itu Cuma 30 menit, sedangkan padang Sei Pisang sekitar 45 Menit jalan santai/40-60km/jam). Dari bungsu anda terus saja perjalan dengan patokannya depot gas pertamina. Kalau dari bungus setelah anda melihat depo gas pertamina, anda harus siap-siap belok ke kanan dan rajin bertanya.

Pulau Sirandah via Sungai Pisang
Kami memutuskan untuk pergi ke Pulau Sirandah melalui pulau pisang. Alasannya selain karena lebih murah, perjalanan di kapalnya juga tidak terlalu lama. Hanya butuh waktu 20 menit saja dari sungai pisang menuju ke pulau sirandah. Dibandingkan dengan via bungus, kita harus naik boat selama kurang lebih 1 jam dan ongkosnya pasti lebih mahal (100rb/orang).

Kami berangkat pada tahun 2018 bulan februari dengan akses jalan yang sangat mulus. Jaman dulu, akses jalan ke Sungai pisang memang sangat buruk. Kalau dilihat dari textur jalannya sebenarnya sih ga terlalu parah (kalau jalannya datar) tapi jalan di sei pisang ini memiliki tikungan tajam mendaki dan menurun sehingga sangat tidak direkomendasikan pakai mobil biasa lewat sungai pisang (itu dulu). Tapi sekarang jalannya sudah sangat baik. Jalannya di tahun februari 2018  sudah berhasil saya lewati dengan menggunakan mobil vios 2018. Jadi sedan aja bisa lewat, mobil lain saya pikir ya aman pastinya.

Sebelum menyeberang, pastikan anda sudah deal harga dengan pemilik boat. Jangan sampai anda datang ke sungai pisang dan boking boat di tempat, harganya mungkin bisa lebih mahal. Sebaiknya anda boking boat, penginapan, sebelum anda melakukan penyeberangan. Minimal H-1 sebelum anda datang. (musim liburan harus boking jauh hari agar tidak kehabisan kamar). Anda bisa menghubungi Bapak Kandar (+6282386211290), pemilik boat di Sei Pisang (bisa dikatakan begitu).

Sampai di sungai pisang, kami langsung dipandu oleh pak Kandar menuju rumahnya yang berseberangan langsung dengan laut, jadi kita parkirkan mobil kita di rumah tersebut, dan langsung deh kita menuju boat, jaraknya dari rumah ke laut itu Cuma 500M. Sampai di Rumah kita akan disuguhkan Teh Hangat, dan ini free sudah biasa dan termasuk pelayanan. Untuk parkir mobil kita dikenakan biaya Rp. 20.000.
Foto Jeni Ratna Lestari.

Foto Saltia Irsyad.

Ini rombongan kami dua keluarga 5 Dewasa 4 anak-anak menginap di 1 cottage warna warni (om dadang nginap di luar di dalam tenda)

Harga menyeberang pulau pulang pergi dari sei pisang adalah Rp.60.000. (jangan lupa telpon dulu sebelum berkunjung ke sirandah). Sedangkan penginapan kami ambil cottage warna warni seharga Rp.1.000.000 bisa ditawar jadi Rp.950.000. (banyak pilihan sebenarnya). Anda juga bisa menginap di gazebo saja, atau anda mau di backpacker room atau dormitory room honeymoon cottage atau sewa tenda saja tinggal Tanya saja sama bapak Kandar.

Untuk standarnya cottage warna warni ini bisa diisi dengan 4 orang. Di dalamnya ada 2 bed besar dan kamar mandi di dalam, serta ada kamar lemari baju, Pastinya sangat nyaman sekali untuk beristirahat. Dalam prakteknya kamar itu kami isi dengan 5 orang dewasa, dan 4 orang anak-anak, irit dikit gpp lah kan. Kalau mau nyaman dewasa 4 dan 1 anak saya pikir akan sangat nyaman sekali.

Aktivitas di Pulau sirandah
Sampai di pulau kita disuguhkan dengan pantai pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Cek penampakannya di link ini: https://www.instagram.com/p/BfaxV8vnsAC/?taken-by=imamriauan kita bisa main air dan berenang di pantai. Anda yang hobi snorkeling, juga disediakan alat snorklingnya (sebaiknya bawa sendiri, minimal bawa kacamata renang aja). Intinya kalau ke pulau ini kita harus bisa menikmati pulau ini. freeze aja enjoy aja serileks mungkin. Kita akan menghabiskan lebih kurang 24 jam dan its our time to enjoy.
Foto Saltia Irsyad.Foto Saltia Irsyad.Foto Saltia Irsyad.
(Suasana pantai di depan cottage warna warni. (facebook uni) pemandangan depan cottage)
Layaknya dipantai, kita bisa menikmati laut, pasir, pantai dan sun set di sirandah jika cuacanya mendukung. Waktu kesana sunsetnya ga kelihatan karena hujan (kasihaaan). Sebaiknya lihat perkiraan cuaca jangan sampai hujan di sore atau malam hari.
28058833_2026046310746684_6297227752594191580_n
(suasana jalan menuju pulau penyu sambil menghirup udara segar)

Jangan puas di pantai saja, tapi anda harus mengeksplor pulau sirandah, karena di belakan ini ada pulau penyu. Pulau ini tidak terlalu besar, jadi jangan khawatir, pastinya eksplorenya tidak akan melelahkan, hanya berjalan 5 menit sambil menikmati segarnya udara hutan yang sudah dibuatkan jalannya dengan baik, maka kita akan mendapatkan pulau penyu. Jalan kaki 5 menit menuju pulau penyu. (Foto facebooknya uni tia. Kami ambil yo ni)
27867758_2026046404080008_2395007808148276918_n
(Pulau Penyu, airnya se lutut, anginnya kenceng coy, belakangnya laut lepas)
Di pulau
Kita sampai di pulau sekitar pukul 10 atau 11 pagi. Tergantung pada pukul berapa kita tiba di sungai pisang. Sebaiknya anda membeli nasi bungkus terlebih dahulu sebelum ke pulau, karena Cuma ada makanan pop mie dan nasi goreng saja. Sebaiknya kita membawa bekal yang cukup dari padang sebelum kita menuju pulau ini. bawa nasi, bawa kompor portable, bawa nugget, kentang goreng dan lain sebagainya (terutama karena kita bawa anak-anak). Sebaiknya juga kita bawa makanan yang cukup. Untuk makan malam dan makan pagi. Bawa snack dan minuman, harga di pulau sih tidak terlalu mahal, tapi ya tetap saja harganya bisa jadi 2x lipat harga di kota atau di darat.

Esok harinya kita bisa pulang sebelum siang hari. kalau sore anginnya kenceng dan ombaknya lumayan coy. (waktu menyebrang sebenarnya kita yang tentukan) tinggal bilang aja ke pak Kandar (ada no hpnya kan?)
Sungguh indah kebersamaan ini dan pastinya kita akan kembali lagi ke pulau ini. karena masih banyak pulau lain yang jaraknya hanya 5-10 menit dari pulau sirandah. Akhirnya jangan segan2 untuk nanyain info pulau sirandah. Follow aja akun social media saya hehehe @imamriauan.